Kamis, 21 Mei 2015

7 Hal penting dalam public speaking

Tidak ada komentar :
public speaking
7 Hal penting yang harus diperhatikan dalam public speaking :

1. Perhatikan penampilan
Lihat dan serasikan penampilan Anda dengan suana acara, kemeja, jas / blazer serta perhatikan juga asesoris yang dipakai. Kerapian dan keserasian memakai pakaian antara sepatu, celana, jam tangan, cincin akan sangat menampakkan dan menambah kewibawaan juga kadang bisa mencuri perhatian.

2. Perhatikan volume suara dan intonasi
Volume suara Anda atur sehingga menyesuaikan dengan ruangan, baik pake sound system ataupun tidak. Pada dasarnya semua pendengar / audiens ingin mendengar dengan jelas. Intonasi disini maksudnya adalah bagaimana Anda berbicara tidak terdengar datar. Karena berbiicara datar akan membuat jenuh, membosankan dan membuat ngantuk.

3. Luasnya wawasan, pengetahuan dan perbendaharaan kata
Semakin luas pengetahuan akan menambah kewibawaan dan mantapnya bobot pembicaraan Anda. Perbanyaklah membaca, seringlah mengikuti diskusi, dll

4. Mengontrol waktu
Tanyakan dengan jelas kepada penyelenggara berapa waktu yang diberikan kepada Anda. Berbicaralah sesuai dengan waktu yang ditentukan, atur dan kontrol diri Anda sendiri. Jangan berbicara apa yang tidak perlu dibicarakan.

5. Pola berpikir yang sistematis
Pola berpikir yang sistematis harus tercermin dalam pembicaraan. Maka dari itu buatlah rencana terlebih dahulu sebelum tampil. Hal yang dipersiapkan akan lebih baik daripada sesuatu yang tidak dipersiapkan.

6. Pembicaraan yang konkrit dan membumi
Sesuaikan gaya bahasa dan contoh-contoh yang relevan dengan Audiens. Misalnya pemilihan kata-kata yang digunakan untuk menjelaskan kepada pendengar yang tidak memakan ilmu pendidikan tentu akan berbeda dengan berbicara didepan mahasiswa.

7. Sikap & mental
Persiapkan mental yang kuat untuk menghadapi para Audiens yang membuat pembicaraan sendiri, acuh, dan bahkan memusatkan perhatian kepada Anda.

Demikian 7 Hal penting yang perlu diperhatikan dalam Public Speaking. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar