Kamis, 21 Mei 2015

4 faktor yang menunjang keberhasilan dalam “public Speaking”

1 komentar :
4 faktor yang menunjang keberhasilan dalam “public Speaking”

Ada 4 faktor yang menunjang keberhasilan dalam “public Speaking

1. Mengatasi Masalah dalam DiriHampir

setiap orang yang belum terbiasa akan merasakan gejala-gejala saat berbicara di depan umum seperti tegang, gemetar, berkeringat dingin, gugup, gagap, denyut jantung semakin kencang, mendadak ingin buang air, demam panggung dan lupa ingatan (sesuatu yang inging disampaikan) 

Atasi masalah tersebut diantaranya dengan : persiapan yang matang, tarik nafas dalam-dalam ketika ingin memulai bicara, kontak mata (lihatlah kepada audiens yang bikin hati dan pikiran tenang), dll

2. Body Language yang Tepat

Dalam berbicara di depan umum, meskipun dalam acara formal jangan lupakan “body language” walaupun hanya gerakan kepala dan tangan. Apalagi dalam acara semi formal atau informal Andaharus melakukakan body language yang tepat diantaranya postur tubuh, Perpindahan tempat, Gerak isyarat, Mimik wajah, Mata yang bersinar. Teteapi ada juga Body Language yang harus dihindari ketika berbicara di depan umum diantaranya : Memasukan tangan ke saku, Tangan ditangkupkan di belakang punggung, Lengan disedekapkan, Bertolak pinggang, Meremas-remas tangan, Memegang bagian wajah. 

3. Metode Penyampaian yang Sistematis dan Tepat Sasaran 

Pada dasarnya apa yang disampaikan hanya meliputi 3 (tiga) rangkaian : Pembukaan, Isi dan Penutup. Supaya tepat sasaran, hal-hal yang harus diperhatikan : 
  • Kenali latar belakang komunikan / audiens, dari pendidikannya, pekerjaannya, hobinya, kepentingannya maupun hal-hal yang nampaknya tidak ada artinya. 
  • Ciptakan suasana yang menunjang, itu semua tergantung pada komunikan yang kita hadapi kembali kepada latar belakang audiens 
  • Tentukan maksud dan tujuan pembicaraan : sekedar pengisi waktu, diskusi, penyampaian informasi, atau negosiasi. 
  • Gunakan kalimat yang tidak menimbulkan pengertian ganda agar tidak membingungkan audiens. 
  • Evaluasi terus menerus 

4. Penggunaan Alat bantu 

Alat bantu merupakan salah satu cara untuk membuat komunikan / audiens mudah memahami apa yang kita sampaikan, jika Anda tampil di depan untuk presentasi sebuah produk maka perlihatkan produk tersebut atau kalau tidak memungkinkan untuk ditampilkan maka cukup dengan menayangkan slide power point yang menggambarkan apa yang kita sampaikan. 

Alat bantu ini khususnya yang visual dimaksudkan untuk : 
  • Memfokuskan perhatian audience 
  • Merangsang minat 
  • Mengilustrasikan faktor-faktor yang sulit diverbalkan 

Demikian 4 faktor yang menunjang kebrhasilan dalam “public speaking”. Semoga bermanfaat !! 


1 komentar :

  1. Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
    Oh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.

    Terimakasih lagi min,
    Salam blogger.

    BalasHapus